Breaking News

JUARA, SISWA MADTSAMUDA BERBAGI KIAT MENGHAFAL QURAN


 

mtsm2karangasem.sch.id – Siswa MTs Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Ponpes Karangasem Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, meraih juara II dalam Musabaqah Hifdhil Quran (MHQ) dan Tartil yang diselenggarakan oleh Pemuda Hafidh Surabaya di BG Junction, Surabaya, Ahad (14/8/2022).

Adinda Husafa Aisyah Putri menceritakan di balik kemenangannya dalam lomba Tahfidhul Quran 2 juz: juz 29 dan juz 30. Kepada PWMU.CO ia mengaku lomba yang diikuti ini merupakan kali pertama baginya.

Tak heran kalau rasa grogi sangat dirasakan olehnya. Ketika pertama ia seleksi lomba tahfidh, Safa, sapaan akrabnya, membacakan Surat an-Naaziat, juz 30.

Suaranya yang merdu, membuat pembina ekstra tahfidh yakin menunjuknya sebagai siswa yang mewakili Madtsamuda. Apalagi dengan kemampuannya dalam menghafal.

Namun, setelah seleksi tersebut ia merasa tenggorokannya sakit. Berhubung keterbatasannya menjadi santri yang tidak ada wedang jahe, sehingga ia mengirim pesan pada ibunya.

“Setelah seleksi itu langsung serak, makanya minta dikirim ibu wedang jahe. Tapi ternyata ndak dikirimin. Akhirnya rebus air di kantin, jadi agak enakan,” ungkapnya.

Siswa yang menyukai pelajaran matematika tersebut membagikan caranya untuk menghafalkan al-Quran.

Pertama rutin menghafalkan sebelum melaksanakan shalat Subuh. Kedua, setiap kali ada kesempatan, misalnya jam isirahat, dipakainya untuk murajaah.

“Terus ya bepuasa rutin setiap hari Senin dan Kamis. Selain itu juga berusaha tahajud tiap hari, berdoa, dan doa dari orangtua,” katanya.

Saat ini Safa telah menghafalkan 4 juz. Dari juz 1 dan 2, kemudian juz 29 dan juz 30 secara mutqin. Harapannya, bisa menghafalkan lagi sampai 30 juz secara mutqin. (*)

 

Kontributor : Zulfatus Salima


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.