Breaking News

BUKA ARABIC CLASS PROGRAM, MADTSAMUDA JADI MADRASAH MULTIBAHASA


 

mtsm2karangasem.sch.id – Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Ponpes Karangasem, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, me-launching program kelas baru, Sabtu (3/9/2022). Program tersebut merupakan kelas yang berbasis bahasa Arab atau “Arabic Class Program (ACP)”.

Wali Kelas ACP Ilmi Farida Octavi SPd mengatakan, ini merupakan program unggulan Madtsamuda. Hal ini karena dalam kegiatan pembelajarannya diusahakan menggunakan bahasa Arab, khususnya untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Menurut dia, selama satu bulan ini terdapat perubahan dari 17 siswa ACP. Berawal dari tidak bisa perkenalan menggunakan bahasa Arab, menjadi bisa memperkenalkan dirinya menggunakan bahasa.

“Alhamdulillah, satu bulan ini sebagai matrikulasi bahasa, anak-anak mulai paham sedikit demi sedikit. Walaupun belum sampai bicara full bahasa Arab, tapi semoga bisa berkomunikasi dengan berbahasa,” ungkapnya.

Selain peresmian dari ACP, hari itu juga diisi dengan penampilan siswinya. Seperti pertunjukkan di Arab, seluruh pertunjukkan menggunakan bahasa Arab, mulai dari pembawa acara, nasyid, khiwar, dan lainnya.

Meskipun kali pertama kali ditonton satu sekolah, akan tetapi siswi ACP tetap percaya diri hingga acara selesai dan sukses.

Kepala Madtsamuda Millazul Faida MPd dalam acara peresmian ACP menyampaikan,dengan adanya program kelas baru ini Madtsamuda telah menjadi madrasah yang multilingual.

“Karena kita sudah memiliki program berbahasa Inggris atau ICP dan sekarang bahasa Arab atau ACP. Alhamdulillah madrasah kita saat ini telah menjadi multilungual,” imbuhnya.

Bu Milla, sapaannya, mengatakan Madtsamuda telah menggandeng Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’had Ali bin Abi Thalib, Surabaya. Hal tersebut telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara STAI dan Ponpes Karangasem Sabtu, (27/8/2022) lalu.

“Rencananya setiap dua bulan sekali akan datang dari STAI untuk mengisi pembelajarannya. Itu menindaklanjuti kerja sama kita. Jadi tidak asal kerja sama biasa tapi kita bergandeng tangan agar lebih baik lagi kedepannya,” terang bu Milla.

Kabag Pendidikan Ponpes Karangasem Fatih Futhoni MPd mengucapkan selamat atas adanya program baru. Dia berpesan agar program-program yang telah dimiliki Madtsamuda dijaga kualitasnya

“Jangan lengah dengan banyaknya program, tetap dijaga kualitasnya dengan memaksimalkan kerjasama dari luar. ITS, STAI, dll itu, sehingga akan ada quality controlnya,” tutupnya.


Kontributor : Zulfatus Salima


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.