Breaking News

TIPS MENJADI WALI KELAS YANG BAIK


 

mtsm2karangasem.sch.id – Wali Kelas Madrasah Tsanawiyah 2 Muhammadiyah (MTsM 2) Pondok Pesantren (Ponpes) Karangasem Paciran, Lamongan, Jawa Timur mendapatkan pembinaan dari Pengawas Bina Lamongan, Kamis (11/08/2022).

Drs Luthfi MPd— Pengawas Bina Lamongan—yang hari itu memberikan pengarahan bagi 22 wali kelas. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Kepala Bagian Pendidikan Ponpes Karangasem, Fatih Futhoni MPd dan Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Ponpes Karangasem Zainal Muttaqin MPd.

Dalam kesempatan tersebut Luthfi menjelaskan wali kelas harus paham tentang tugas dasarnya. Hal tersebut telah tercantum dalam Permendikbud No. 15 tahun 2018.

Dia juga menyampaikan agar anak didik harus dicerdaskan oleh wali kelas. Sehingga wali kelas harus menghafal semua nama siswa. Selain itu juga diusahakan wali kelas agar mengetahui alamat dari anak didiknya.

“Bagaimana caranya agar wali kelas itu lebih mengenal siswanya, dihafalkan semua namanya. Kemudian kebiasaan kecil siswa walaupun itu kecil tapi akan bermakna bagi anak. Karena terasa kekeluargaannya,” ungkapnya.

Kabag SDM Ponpes Karangasem menuturkan apabila sekolah ingin maju maka perlu meniru dan memodifikasi sesuai kebutuhan.

“Wali kelas yang sedang bertugas di dalam kelas diharapkan bisa mengadopsi kebaikan-kebaikan yang disampaikan guru saat mengajar,” tutur Zainal.

Dia menargetkan khusus untuk sekolah Muhammadiyah harus ada yang memiliki unggulan dan menjadi rujukan. Dia juga mengharapkan agar siswa di MTs dapat menjadi anak panah yang dapat melesat ke manapun.

“Harapannya sekolah rujukan Muhammadiyah di Lamongan ya MTsM 2 ini. Apabila ada pimpinan Muhammadiyah yang ingin berkunjung ke sekolah, langsung ada tujuannya. Maka, karyawan atau kualitas pendidikannya harus baik,” ujarnya.

Fatih Futhoni menambahkan kebaikan yang dilakukan secara terus-menerus di sekolah berakronim Madtsamuda ini akan membuahkan sebuah kepercayaan besar dari masyarakat. Sehingga menjadi lembaga pendidikan yang terpercaya khususnya di kawasan pantura.

“Misalnya wali kelas yang kantornya dalam kelas ini sebuah kebaikan, inilah yang akan memberi jaminan kualitas proses pembelajaran,” jelas Kabag Pendidikan Ponpes Karangasem itu.

Kepala Madrasah MTsM 2, Millazul Faida menegaskan pelayanan prima dan respon yang cepat wali kelas merupakan sebuah keniscayaan. “Baik wali kelas dengan lembaga dan dengan wali dari peserta didiknya,” tuturnya. (*)

 

Kontributor : Zulfatus Salima


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.