Breaking News

KINI MEJA WALI KELAS MTSM 2 KARANGASEM BERSATU DENGAN SISWA


 

mtsm2karangasem.sch.id – Sejak tahun pelajaran baru 2022/2023, meja wali kelas berada dalam kelas bersama para siswa.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) 2 Karangasem Paciran, Lamongan, Millazul Faida MPd, menjelaskan tujuan meja wali kelas berada dalam kelas tidak lain adalah agar mendekatkan wali kelas kepada anak.

“Memang ini inovasi dari MTs dan salah satu usaha agar wali kelas lebih mengenal karakter anak yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Sehingga kalau tidak ada jam ngajar, ngantornya di kelas sekalian lihat anak-anaknya di kelas bagaimana,” ucapnya, Sabtu (6/8/2022).

Perubahan ini menurut Fahrun Nisa MPd, wali kelas VIII D, memiliki banyak sisi positifnya.

“Banyak sekali positifnya, karena ‘kan bisa lebih dekat dengan anak jadi tau dan lebih paham karakter mereka. Lalu lebih cepat tahu kalau ada anak yang ada masalah di kelas sih,” ungkap Bu Fenni, sapaan akrabnya.

“Cepat juga penanganannya. Bisa memantau guru yang belum hadir dijamnya juga kalau pas aku jaga wali kelas,” tambahnya.

Millazul Faida menjelaskan, tahin pelajaran ini MTsM 2 Karangasem memiliki 22 kelas yang terbagi menjadi beberapa program. Pertama, Information Technology Class Program (ITCP).

ITCP ini bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dalam teknologi. Program ini telah terbagi enam kelas: VI ITCP putra, VI ITCP putri, VIII ITCP putra, VIII ITCP putri, IX ITCP putra, dan IX ITCP putri.

Kedua, International Class Program (ICP). Program ini terbagi menjadi tiga kelas, VI ICP putri, VIII ICP putri, dan IX ICP Putri.

Millazul Faida menerangkan, ICP ini merupakan kelas dengan kurikulum internasional yang bekerja sama dengan Cambridge Assessment International Education. “Sehingga siswa menggunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajarnya (KBM),” ujarnya.

Program ketiga yaitu program regular. Kelas-kelas dalam program regular ini yang menggunakan kurikulum nasional dengan naungan Kementeria Agama.

“Program yang terakhir ini merupakan program yang baru yaitu Arabic Class Program (ACP). Di kelas ini buku anak-anak menggunakan bahasa Arab dalam beberpa pelajaran. Misalnya pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)nya,” jelas Millazul Faida, sapaan akrabnya.

Rincian 22 Kelas

 Kelas Program

ITCP putra = kelas VII, VIII, IX

ITCP putri = kelas VII, VIII, IX

ICP putri = kelas VII, VIII, IX

ACP putri = kelas VII


Kelas Reguler

VII putra = A,B

VII putri = C

VIII putra = A,B

VIII putri = C,D

IX putra = A,B

IX putri = C,D,E

 

Kontributor : Zulfatus Salima


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.