Breaking News

MADTSAMUDA GELAR DIGITALISASI MADRASAH

 


mtsm2karangasem.sch.id – Madtsamuda menggelar digitalisasi madrasah secara menyeluruh dalam mengawali semester genap tahun ini, Selasa (2/1/2024).

MTs Muhammadiyah 2 Ponpes Karangasem (Madtsamuda) Paciran Lamongan Jawa Timur mengawali hari pertama masuk semester genap, seluruh siswa melaksanakan apel bersama sebagai tanda bahwa semester genap akan dimulai.

Dalam apel tersebut, Millazul Faida MPd kepala Madtsamuda menyampaikan untuk semester ini akan dimulai digitalisasi madrasah.

“Mulai semester ini, seluruh siswa Madtsamuda mulai digital seluruhnya. Baik dari siswa maupun guru juga sudah meminimalisir penggunaan kertas,” ucapnya.

Beliau menjelaskan mulai dari absensi siswa dan guru menggunakan digital. Siswa dibagikan Kartu Pelajar yang ada kode QR sehingga kartu tersebut digunakan untuk absensi.

Sedangkan untuk guru, lanjutnya, sejak bulan Desember 2023 lalu absensi sudah scan kode QR dari handphone (HP) masing-masing. Selain itu, jurnal guru juga menggunakan digital.

“Guru masuk kelas itu wajib mengisi jurnal secara digital yang nantinya divalidasi oleh guru piket. Guru rapat juga sekarang sudah digital. Jadi scan barcode dan tanda tangan di HP saja. Sudah tidak menggunakan kertas di daftar hadir,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, mulai semester genap ini akan ada entrepreneur class. Kelas tersebut terdiri dari tata boga, tata busana, dan desain grafis.

“Akan tetapi kelas tersebut dikhususkan untuk kelas VII dan VIII. Selain itu anak yang mengikuti kelas tersebut juga harus melalui tes terlebih dahulu dan dibatasi perkelas 15 anak. Sedangkan kelas IX akan fokus menghadapi ujian-ujian sekolah dan pondok,” jelasnya.

Dia berharap ada kelas tersebut dapat menghasilkan produk, kemudian bisa dipasarkan ke banyak orang. Yang tata boga nanti membuat produk makanan apa yang bisa dipasarkan, kemudian tata busana bisa membuat kerudung dengan bordiran atau bagaimana tergantung kreativitas mereka. Sedangkan desain grafis nanti bisa mendesain packaging atau desain kaos.

“Jadi kita tidak perlu pesan orang luar,” jelasnya.

Koordinator BK Madtsamuda, Evi Nur Hamidah SSos menyampaikan dalam waktu dekat akan diselenggarakan seminar kelas VIII dan IX. Seminar tersebut akan berisi tentang peduli pada pergaulan antar lawan jenis.

“Anak-anak kelas VIII dan IX ini kan sedang merasakan pubertas sehingga mulai timbul rasa suka dengan lawan jenis dan itu wajar. Namun, adanya seminar itu untuk memberikan edukasi pada mereka tentang pergaulan dengan lawan jenis itu seperti apa,” ucapnya saat diwawancara kontributor PWMU.CO, Rabu (3/1/2024).

Selain itu, lanjutnya, program BK  adalah untuk bimbingan karir kelas IX untuk sekolah lanjutan. “Seluruh siswa kelas IX akan direkap sesuai dengan keinginan dan kemampuannya sehingga guru BK kelas 9 dapat membantu untuk sekolah yang diinginkan,” tandasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.