Breaking News

KOMPETISI SAINS HINGGA ASESMEN PEMETAAN KELAS DIGELAR MADTSAMUDA

 Kompetisi Sains hingga Asesmen Pemetaan Kelas Digelar Madtsamuda. Siswa kelas 7 saamengerjakan tes mata pelajaran untuk pemetaan kelas (Tegar Yasya/PWMU.CO)


mtsm2karangasem.sch.id – Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) diikuti siswa Kelas 8 dan 9 MTs Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Karangasem Paciran Lamongan Jawa Timur, Kamis (27/7/2023).

Kelas 8 dan 9 yang berjumlah 360 siswa ini mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor Jawa Barat.

Kompetisi tersebut dilaksanakan setelah istirahat sehingga siswa tetap mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terlebih dahulu.

Kepala Madtsamuda, Millazul Faida MPd menjelaskan, KSNR ini merupakan kompetisi tingkat nasional. “Tujuannya agar anak-anak dapat terlatih untuk berpikir nalar dalam sains. Sehingga mereka terbiasa dengan berpikir nalar dan dapat berpikir lebih kritis,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, anak-anak juga diharapkan terlatih untuk mengerjakan soal-soal yang basisnya Higher Order Thingking Skill (HOTS). “Apalagi saat ini kita sudah menggunakan IKM jadi mendorong anak-anak berpikir lebih kreatif,” ungkapnya.

Di samping itu, Bu Milla sapaan akrabnya mejelaskan, kelas 7 tidak mengikuti KSNR ini karena mengikuti asesmen untuk pemetaan kelas. Melalui kegiatan itu, siswa akan dibagi dalam beberapa kelas, yakni kelas Internasional, IT, Arabic dan kelas regular.

“Kelas 7 melaksanakan beberapa asesmen untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan siswa. Assessment yang pertama dilaksanakan pada Ahad (23/7/2023) yaitu Asesmen Kebutuhan Peserta Didik (AKPD),” paparnya.

Dia menuturkan, asesmen ini dari guru Bimbingan Konseling (BK), tujuannya agar mengetahui kebutuhan siswa pada awal tahun.


Asesmen untuk Mengetahui Kebutuhan Siswa

Sementara itu, Koordinator Tim BK Evi Nur Hamidah SPd menjelaskan, asesmen ini diadakan untuk mengetahui apa kebutuhan siswa.

“Nantinya siswa yang membutuhkan pertolongan akan dapat tertangani segera. Apalagi anak-anak pondok biasanya masih sering nangis karena adaptasi di lingkungan baru, sehingga kami dari tim BK dapat membantu beradaptasi dan bisa mengikuti pelajaran dengan nyaman,” ucapnya.

Asesmen yang kedua yaitu tes tulis yang meliputi mata pelajaran dasar yang digunakan di setiap kelas. Pelajaran tersebut adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Bahasa Inggris, Informatika, dan Bahasa Arab. siswa yang nilainya lolos dalam seleksi akan melaksanakan seleksi kembali.

Sementara asesmen yang ketiga atau yang terakhir adalah wawancara dan speaking. Siswa yang lolos pada tes tulis, melaksanakan tes ini. Sedangkan yang tidak lolos mengikuti penguatan oleh Tim BK.

Dari asesmen yang telah dilalui oleh kelas 7 tersebut, Madtsamuda telah memetakan kelas di antaranya Kelas Program IT putra sebanyak 32 siswa dan Kelas Program IT putri sebanyak 31 siswi.

Sedangkan kelas Internasional (ICP) sebanyak 27 siswa, kelas Arabic atau ACP sebanyak 20 siswa serta kelas regular putra dan putri sebanyak 75 siswa yang dibagi menjadi 3 kelas. (*)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.