Breaking News

MUSABAQAH HIFZHIL QUR’AN MADTSAMUDA, INILAH JUARANYA

 Musabaqah Hifzhil Qur’an Madtsamuda, Inilah Juaranya. Kepala Madtsamuda, Millazul Faida MPd foto bersama juara lomba MHQ (Tegar/PWMU.CO)


mtsm2karangasem.sch.id – Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan Jawa Timur menggelar Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) Ke-3.

Kegiatan ini diikuti oleh 32 siswa Madtsamuda yang terpilih mewakili kelompok tahsin atau tahfidznya. Ahad (21/5/2023).

Ketua panitia, Ummu Aiman MPd menjelaskan, siswa yang mengikuti MHQ ini telah dilatih oleh pembimbing kelompoknya, sejak sebelum Ramadhan. Bahkan anak-anak yang mewakili kelompoknya harus memiliki hafalan, sedikitnya 2 juz.

“Selain hafalan, penilaian MHQ ini ada adab, fasih, dan kelancaran siswa saat di depan,” katanya.

Bu Ima, panggilan akrabnya juga menerangkan, juri pada MHQ pada kali ini terdiri dari 3 orang. Mereka adalah Ustadz Asfihan, Ustadz Thoyibun Najri dan Ustadz Ibnu Nurjiin Bruri At Thoriq.

Ikhtiar Mencetak Penghafal Al-Quran

Kepala Madtsamuda, Millazul Faida MPd menyampaikan, MHQ ini telah berlangsung setiap tahunnya dan saat ini masuk pada tahun Ke-3. Menurutnya, MHQ ini diadakan bermula dari siswa yang ikut dauroh tahfidz pondok Karangasem.

“Banyaknya hafalan santri dari dauroh ini perlu disalurkan pada santri yang lain, sehingga Karangasem bisa mencetak generasi penghafal al-Quran lebih banyak dan bisa tersebar di seluruh Indonesia atau bahkan dunia. Terlebih siswa Madtsamuda yang harus lulus dengan minimal 2 juz,” terang Mila.

Mila juga menambahkan, MHQ ini diadakan bertujuan untuk menggugah sekaligus meningkatkan minat menghafal al-Quran bagi siswa Madtsamuda. Sehingga siswa Madtsamuda senantiasa berfastabiqul khairat atau berlomba dalam kebaikan.

Acara yang bertempat di Aula Abdurrahman Syamsuri ini berlangsung dengan sukses dan berkesan. Sebanyak 335 siswa ikut meramaikan acara MHQ tersebut sampai selesai. Selain itu, sebelum mulai acara MHQ ini, para siswa juga melaksanakan shalat dhuha berjamaah terlebih dahulu seperti sekolah biasanya.

Kepala Madtsamuda Millazul Faida MPd (kiri) memberikan piala kepada Ais Permatasari (kanan) yangendapatkan juara 1 kelas 7 (Tegar/PWMU.CO)

Daftar Juara MHQ Ke-3 Madtsamuda

Adapun Juara MHQ ini dibagi menjadi 2 yakni kelas VII dan kelas VIII. Juara tersebut adalah sebagai berikut

Daftar Juara Kelas VII

Juara 1 : Ais Permatasari

Juara 2 : Iklil Arina Zalfa

Juara 3 : Dania Cahaya Ifti Arita

Harapan 1 : Rajih Tsaqif Abiyyu

Harapan 2 : Sulaim Amukti Pijar

Harapan 3 : Azzam Rajabillah Putra Fibi

Daftar Juara Kelas VIII

Juara 1 : Shakilla Mayangtirta

Juara 2 : Aila Iftina Al Haaniyah

Juara 3 : Dini Rohmati Ruziqna Fil Adhiya

Harapan 1 : Raihana Fajrin Nabillah

Harapan 2 : Muhammad Ilham Insan Kamil

Harapan 3 : Azyadur Rosyad Errafiqy

Selamat untuk siswa – siswi Madtsamuda ! (*)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.