Breaking News

MADTSAMUDA BUKA PPDB, BERIKUT PROGRAM UNGGULANNYA

Gedung MTs Muhammadiyah 2 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Madtsamuda Buka PPDB, Berikut Program Unggulannya (Zulfatus Salima/PWMU.CO)

mtsm2karangasem.sch.id – MTs Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Ponpes Karangasem, Paciran, Lamongan membuka Pendaftaran Penerimaan Peserta Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 secara online mulai Kamis (1/12/2022). Ada a pilihan program yang ditawarkan sekolah dalam PPDB kali ini.

Ketua Panitia PPDB, Azhar Agus Salim SPd menjelaskan, pendaftaran PPDB tahun ajaran 2023/2024 ini dibuka melalui 2 cara.

“Pertama secara online. Ini telah dibuka pada Kamis (1/12/2022) hingga kuota terpenuhi. Cara kedua yaitu offline yang akan dibuka pada Sabtu (18/2/2023) sampai Sabtu (25/2/2023). Sedangkan seleksi masuk dilaksanakan pada Ahad (26/2/2023),” katanya.

Agus menjelaskan, untuk tahun ajaran 2023/2024 ini, Madtsamuda membuka 5 pilihan kelas program. Program yang pertama adalah kelas International Class Program (ICP) yang bekerjasama dengan Cambridge Assessment Education di bawah naungan Universitas Negeri Malang (UM).

“Sedangkan muatan internasional terdiri dari tiga mata pelajaran, yaitu Math, Science dan English. Siswa diwajibkan menggunakan digital dan berbahasa Inggris selama pembelajaran. Program ini nantinya siswa akan mendapatkan dua ijazah, ijazah negara dan ijazah dari Cambridge Assessment Education,” paparnya.

Kelas program yang kedua yaitu Arabic Class Program (ACP). Dalam program ini, Madtsamuda bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mahad Ali bin Abi Thalib, Surabaya. Pembelajaran siswa di ACP ini diusahakan menggunakan Bahasa Arab, terlebih pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Lebih lanjut, Agus juga menjelaskan, kelas program yang ketiga adalah Information Technology Class Program (ITCP). Dalam program ini, sekolah bekerjasama dengan Prodistik Intitut Teknologi Surabaya (ITS).

“Pembelajaran berbasis paperless, siswa dibekali kemampuan game edukasi, Microsoft, dan bahasa pemograman sehingga harapannya siswa dapat bersaing dengan masyarakat yang lebih luas,” jelasnya.

Bekali Pengetahuan Luas dan Akhlak Mulia

Program yang keempat yaitu Sport Class Program. Dalam program ini, nantinya siswa diarahkan untuk menjadi atlet.

“Terakhir yaitu kelas program regular. Kelas program ini mengikuti kurikulum nasional yang berada di bawah naungan Kementerian Agama,” ucapnya.

Agus mengatakan, selain dari lima pilihan kelas program tersebut, seluruh siswa Madtsamuda juga ikut dalam program unggulan, yaitu tahfidhul quran. Program tersebut merupakan program yang bertujuan membentuk karakter siswa agar lebih cinta al-Quran.

Dalam hal ini, Madtsamuda bekerjasama dengan Ummi Foundation. Ada kelas tahsin atau kelas perbaikan bacaan al-Quran, kelas tahfidz atau kelas untuk menghafalkan al-Quran. Ada juga kelas ziyadah atau kelas percepatan menghafal Al-Quran.

“Selain kelas-kelas tahfidh itu, siswa yang ingin fokus hafalan juga ada yaitu program dauroh tahfidz. Jadi siswa yang ikut akan dikarantina selama 1 bulan untuk fokus hafalan. Targetnya bisa hafal 15 juz. Bahkan biasanya ada yang lebih,” tambah Agus.

Kepala Madtsamuda, Millazul Faida MPd menyampaikan, Madtsamuda dalam pembelajarannya menyesuaikan perkembangan zaman. Sekolah juga memiliki visi terwujudnya insan berpengetahuan luas dan berakhlaqul karimah.

“Walaupun di Madtsamuda membekali anak dengan pengetahuan yang luas, tapi juga selalu ditanamkan akhlak mulia, baik kepada guru, teman atau orang lain,” ungkap Ustadzah Milla. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.