Breaking News

CALON PESERTA DIDIK BARU MADTSAMUDA HADAPI 3 TAHAPAN TES SELEKSI


 

mtsm2karangasem.sch.id – Calon peserta didik baru MTs Muhammadiyah 2 Pondok Karangasem (Madtsamuda) Paciran, Lamongan menjalani 3 tahapan tes seleksi.

Tes seleksi ini digelar Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madtsamuda bagi calon peserta didik baru dan orang tua (27/02/2022). Kegiatan yang bertempat di Laboratorium Komputer ini diikuti oleh 144 calon peserta didik baru gelombang pertama dengan pelaksanaan sebanyak 3 sesi.

Wakil Kepalas Sekolah (Wakasek) kesiswaan Azhar Agus Salim SPdI menjelaskan, Tes PPDB tahun ini dijalankan dengan 3 tahapan tes seleksi peserta didik.

“Setiap peserta didik nantinya akan mengikuti tiga tahapan tes yaitu Computer Based Test (CBT), tes wawancara, dan tes baca tulis Al Qur’an (BTQ),” jelasnya.

Lebih lanjut, dia memaparkan tujuan dilaksanakannya tiga jenis tes seleksi tersebut bertujuan untuk mengenalkan peserta didik baru dengan pembelajaran berbasis komputer.

“Computer Based Test (CBT) adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi, sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda. Tes ini berfokus kepada kemampuan akademik peserta,” terangnya.

Dia melanjutkan, selain tes CBT ada juga tes wawancara. Dari tes wawancara ini akan diketahui setiap peserta didik memiliki gaya belajar dan kebutuhan belajar yang berbeda-beda.

“Keberagaman model belajar peserta didik ini bisa dijembatani melalui pendekatan dengan saling sharing dengan peserta didik, agar nantinya bisa diketahui kebutuhan belajar yang menyenangkan dan menggembirakan sehingga pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik,” ungkapnya.

Sedangkan Tes BTQ, imbuhnya, merupakan tahapan tes terakhir dari 3 rangkaian jenis tes yang dilaksanakan peserta didik baru.

“Tes BTQ ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan baca tulis al-Qur’an peserta didik baru. Tes BTQ ini juga sebagai proses pemetaan peserta didik baru dalam pengelompokan kelas tahfidz sesuai dengan kemampuan,” paparnya.

Sementara itu, Evi Nur Hamidah, guru BK Madtsamuda sangat mengapresiasi antusias wali peserta didik baru dalam mengikuti wawancara.

“Wali peserta didik baru tahun ini sangat bersemangat ketika diwawancarai, bahkan ada wali murid yang bercerita sebelum pertanyaan wawancara di sampaikan,” terangnya.

Dia menjelaskan, wawancara wali peserta didik baru ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan putra-putrinya ketika di rumah atau di sekolah jenjang SD/MI sebelumnya.

“Selain itu kami dari pihak lembaga Madtsamuda juga ingin mengetahui kesiapan wali peserta didik baru terhadap pilihan kelas anak-anaknya di Madtsamuda nantinya. Karena di Madtsamuda ini terdapat 4 pilihan kelas, yaitu kelas International Class Program (ICP), IT Class Program (ITCP), Sport Class Program (SCP), dan kelas reguler,” ujarnya.

Husnul Anim, Wakasek Kurikulum Madtsamuda berharap nantinya peserta didik baru yang sudah mendaftar di Madtsamuda akan tetap pada komitmen untuk kerasan berada di pondok.

“Kami berharap agar 144 peserta didik yang sudah mendaftar dan mengikuti tes, nantinya mereka akan bisa beradaptasi dengan baik di lembaga kami, terlebih lagi di pondok yang notabene adalah tempat mereka tinggal,” tuturnya.

Kami, lanjutnya, merasa sangat lega karena di pendaftaran gelombang pertama, peserta didik baru yang telah lulus mengikuti tes sebanyak 144 peserta didik dari 155 pendaftar.

“Mudah-mudahan di pendaftaran gelombang selanjutnya nanti kita bisa memenuhi target peserta didik baru yang berjumlah 210 peserta,” harapnya. (*)

 

Penulis : Nahlul Khasyiid


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.