Breaking News

TIM IT MADTSAMUDA JAJAKI KERJASAMA DENGAN PRODISTIK ITS


 

Madtsamuda.sch.id - Tim IT MTs Muhammadiyah 2 Pondok Karangasem (Madtsamuda) Paciran Lamongan mengunjungi Program  Terapan dalam Bidang Teknologi dan Komunikasi  (Prodistik) Institut Teknologi Surabaya, Senin (13/06/2022).

Acara bertempat di Ruang Blibliotek Perpustakaan ITS. Turut hadir dalam pertemuan ini tim IT MAM 1 Pondok Karangasem.

Ketua Prodistik ITS, Ismaini Zain, menjelaskan, Prodistik merupakan program pelatihan keterampilan untuk siswa kelas X hingga XII untuk MA/SMA dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. ”Program ini telah mulai diujicobakan sejak 2008. Namun hanya pada sekolah tertentu,” ujarnya.

Program ini merupakan pengabdian kepada masyarakat. ITS memberikan pelatihan Prodistik untuk 34 sekolah menengah yang terdiri dari 28 Madrasah Aliyah (MA) dan 6 Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jawa Timur.

Dalam sesi sharing Kepala Madtsamuda Millazul Faida menjelaskan, kedatangan tim sekolahnya untuk belajar kurikulum IT dari Prodistik supaya bisa diterapkan di Madtsamuda.

”Meskipun Prodistik baru membuka kerja sama dengan SLTA, besar harapan kami Madtsamuda bisa menjadi yang pertama sebagai sekolah jenjang SLTP yang memulai kerja sama dengan Prodistik. Kami siap dijadikan pilot project dalam kurikulum Prodistik untuk jenjang SLTP,” katanya.

Dr Hozairi, Bagian Kurikulum Prodistik mengapresiasi kelas IT yang sudah dijalankan di Madtsamuda. Menurutnya, Prodistik ITS sangat senang jika bisa memulai menjalin kerja sama dengan Madtsamuda.

”Nanti saya bersama tim berusaha merealisasikan kurikulum Prodistik untuk jenjang SLTP. Semoga Madtsamuda bisa menjadi pilot project dalam program baru ini,” terangnya.

Wakasek Kesiswaan Madtsamuda Azhar Agus Salim mengatakan, jika kerja sama dengan Prodistik terealisasi maka menjadi  kerja sama kedua dengan Perguruan Tinggi Negeri. Sebelumnya bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang (UM) bidang asesmen pendidikan dalam bentuk kelas dengan kurikulum internasional.

Kerja sama seperti ini, lanjut dia, merupakan momentum yang baik untuk pengembangan sekolah, selain menambah wawasan keilmuwan yang baru bagi siswa, juga meningkatkan daya tarik masyarakat menyekolahkan putra-putrinya ke Madtsamuda.

 

Kontributor : Azhar Agus Salim

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.