Breaking News

MADTSAMUDA PONDOK KARANGASEM GELAR MHQ KE II


 

Madtsamuda.sch.id - Madtsamuda Pondok Karangasem, Paciran, Lamongan menggelar Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) II, Rabu (5/3/22). MHQ yang rutin diadakan setiap tahun itu digelar di Auditorium Abdurrahman Sayamsuri Pondok Karangasem.

Peserta MHQ II tahun ini sebanyak 32 siswa. Mereka adalah perwakilan dari kelompok kelas Tahfidhul Quran yang berjumlah 32 kelompok kelas. Dari masing-masing kelas itu diambil 1 perwakilan terbaik untuk didelegasikan sebagai peserta MHQ II.

MHQ II kali ini mengusung tema Mencetak Generasi Laskar Langit Penjaga Mukjizat. Dari tema ini diharapkan para peserta MHQ II nantinya akan menjadi generasi huffadz yang mampu menghafal 30 juz sekaligus dapat menjaga kemurnian al-Quran.

Kabag Pendidikan Pondok Karangasem Fatih Futhoni MPd dalam sambutannya menjelaskan, al-Quran merupakan pedoman hidup yang mencakup segala aspek kehidupan.

“Al-Quran merupakan instrumen penting generasi Islam untuk keluar dari fase kejahiliyaan menuju fase keilmuan yang sesungguhnya. Al-Quran menjadi sumber inspirasi dalam setiap amalan dunia dan sebagai jaminan di kehidupan akhirat,” terangnya.

Sementara Kepala Madtsamuda Millazul Faida, MPd mengapresiasi kinerja panitia dalam penyelenggaraan MHQ II ini. Dalam sambutannya dia menyampaikan terima kasih kepada semua civitas Madtsamuda yang terlibat.

“Yang pertama saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yg telah ikut membantu mensukseskan pelaksanaan MHQ II kali ini, baik itu bantuan secara materi maupun bantuan secara energi,” katanya.

Dia juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh panitia MHQ II, di mana dengan kerja keras dan kerja cerdas para panitia sehingga kegiatan MHQ II bisa berjalan dengan lancar meskipun dengan persiapan yang minim.

“Kita semua tahu bahwa tujuan diadakannya MHQ setiap tahun ini adalah untuk memotivasi peserta didik dalam menghafal al-Qur’an, serta merupakan sarana menumbuh-kembangkan bakat siswa di bidang al-Quran,” jelasnya.

Hal itu, lanjutnya, selaras dengan program unggulan di Madtsamuda yakni Tahfidhul Quran, “Semoga di tahun depan kita bisa kembali dengan MHQ III yang lebih meriah lagi,” tegasnya.

Hasan Nashrulloh, Juara 1 MHQ II dari kelas 9 IT menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih pada kegiatan kali ini.

“Ini merupakan kali kedua saya mengikuti MHQ sebagai siswa MTs Muhammadiyah 2 (Madtsamuda). Di tahun lalu saya hanya bisa berada di peringkat ke dua, Alhamdulillah tahun ini saya bisa memberi hadiah yang luar biasa kepada orang tua saya dengan mempersembahkan juara satu MHQ kategori juz 30 dan surat al-Baqarah,” ujarnya.

Hasan mengkisahkan, prestasi ini bukan datang serta merta, tapi dia sudah berjuang berkali-kali agar bisa mendapatkan juara satu ini.

“Bahkan, pernah suatu waktu saya sampai melakukan shalat tahajud sambil menghabiskan bacaan al-Quran juz 30 dan surat al-Baqarah dalam shalat saya,” ceritanya.

“Di shalat itu saya berikhtiar untuk melancarkan hafalan sekaligus memohon kepada Allah SWT agar menguatkan hafalan yang saya miliki,” ujar pemuda yang juga peraih Juara I tahfidz 2 juz tingkat Jawa Timur itu. (*)


Kontributor : Azhar Agus Salim

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.