Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

LAMONGAN - Sejak tahun 1999 kita mulai tidak asing lagi mendengar kata HW (Hizbul Wathan .red). Ya, kepanduan milik Muhammadiyah yang telah melahirkan banyak kader dan bangsawan di Indonesia, seperti Jenderal Panglima Besar Soedirman (Bapak TNI), Soeharto (Mantan Presiden RI), dan Gesang Martohartono (Pencipta Lagu Bengawan Solo). Hizbul Wathan sendiri mempunyai Cinta Tanah Air, yang berarti Pandu HW mencintai tanah air Indonesia. Olimpiade Soedirman adalah rangkaian kegiatan GEBYAR MUH1BA yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh PR. 

Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 1 Babat. Olimpiade Soedirman pertama kali dilaksanakan 1 tahun yang lalu pada 22-23 Maret 2014 dengan nama Olimpiade Soedirman dan Workshop Kepanduan yang diikuti ole 9 Qobilah (Sekolah Muhammadiyah atau tempat latihan HW .red) yang sekaligus bersamaan dengan pelaksanaan Musyawarah Cabang Kwartir Cabang Hizbul Wathan Babat. Sedangkan, tahun ini Olimpiade Soedirman Pandu Pengenal SMPM/MTsM Se-Eks Karesidenan Bojonegoro dilaksanakan pada 20-21 Maret 2015 oleh Dewan Amaliyah (DA, pengurus pandu penghela ditingkat SMA/MA/SMK) Qobilah Soedirman SMA Muhammadiyah 1 Babat.

Sedikit berbeda saat upacara pembukaan antara Olimpiade Sodirman 2014 dan 2015 kemarin, yakni ketidakhadirannya Kwartir Pusat Hizbul Wathan yang diwakili oleh Abah Moeslimin, yang pada tahun lalu panitia mendapatkan kejutan dengan kedatangan beliau karena informasi dari KWARDA HW Lamongan kalau ada Olimpiade HW yang diberi nama Olimpiade Soedirman di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Dikarenakan hingga kini bisa dipastikan belum ada daerah lain yang mengadakan Olimpiade Pandu Hizbul Wathan, karena penasaran beliau datang langsung dan mendampingi jalannya kegiata mulai awal hingga akhir.

Pada Olimpiade Soedirman 2015 ini kompetisi lebih bervariatif diantaranya ada lomba Cepat Tepat Pionering, Cepat Tepat Sandi, Olimpiade ke-HW-an, Parade PBB, Parade Semaphore, dan Tadabbur Alam/Penjelajahan (Yel, Tepuk, Fun Game). Ada pula materi yang diberikan antara lain Survival, PBB, dan Anti Narkoba. Peserta Olimpiade Soedirman 2015 ini berjumlah 12 Qobilah, yang berarti bertambah 3 Qobilah dari tahun sebelumnya. Salah satu kendala dalam pelaksanaan ini adalah hampir bersamaannya pelaksanaan Olimpiade Soedirman 2015 dengan pelaksanaan UTS/UAS SMPM/MTsM, ujar Ikhwan Rio Setiawan selaku Ketua Panitia. 

Ramanda Fathurrokhim Syuhadi Ketua KWARDA HW Lamongan menyampaikan “KWARDA HW Lamongan sangat mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini satu-satunya di Jawa Timur dan mungkin satu-satunya di Indonesia” saat pembukaan upacara. Lain halnya dengan Ramanda Agus Al Chusairi selaku Kepala SMA Muhamamdiyah 1 Babat menyampaikan “Kegiatan ini adalah agenda sekolah, karena melalui Hizbul Wathan karakter kader HW dapat dibentuk sebagai karakteristik bangsa”.

Pada hari terakhir Sabtu, 21 Maret 2015 pukul 06.30 WIB para peserta Olimpiade Soedirman diberangkatkan Tadabbur Alam yang melewati 5 pos dengan 6 pos bayangan serta sepanjang 3 KM. Akhirnya tiba saatnya upacara penutupan Olimpiade Soedirman yang dipimpin oleh Ramanda Aminulloh Fatkhur Roziqi selaku Ketua KWARCAB HW Babat sekaligus pembina HW SMA Muhamamdiyah 1 Babat, beliau menyampaikan “Kegiatan Olimpiade Soedirman ini Insya Allah akan selalu ada selama bendera HW tetap berkibar di alam Indonesia dan kedepan kami akan berupaya lebih keras agar lebih baiknya kegiatan ini, karena melalui kegiatan ini kita dapat mencetak kader-kader militan bangsa”. 

Adapun hasil dari Olimpiade 2015 ini adalah Juara Umum 1 diraih oleh MTsM 2 Karangasem-Paciran mendapatkan Tabanas dari KWARDA HW Lamongan sebesar Rp. 500.000, Juara Umum 2 diraih oleh SMPM 12 Sendangagung-Paciran mendapatkan Tabanas dari KWARCAB HW Babat sebesar Rp. 400.000, dan Juara Umum 3 diraih oleh SMPM 1 Babat mendapatkan Tabanas sebesar Rp. 300.000. Insya Allah Olimpiade Soedirman 2016 besok akam kami laksanakan sekitar bulan Januari, agar tidak mengganggu jadwal UTS & UAS SMPM/MTsM seperti saat ini ujar Ramanda Aminulloh Fatkhur Roziqi disela-sela amanatnya pada upacara penutupan Olimpiade Soedirman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib