Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 By: Binty Robi Azzahroh Ramadhan
 class:8D

Tidak ada masa depan gemilang tanpa sebuah kedisiplinan. Jadi, jika anda ingin mendapatkan masa depan yang cerah, tak ada kata lain selain harus terus melatih kedisiplinan diri. Dengan disiplin, anda akan tahu apa yang baik bagi hidup anda dan apa yang harus ditinggalkan.

Selain itu, anda juga akan terbantu dalam memilih dan memilah hal-hal yang bisa mendukung mimpi anda meraih masa depan yang cerah. Pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan disiplin diri? Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan. Kami sudah merangkumnya menjadi 10 cara terbaik meningkatkan disiplin. Berikut ulasannya!


Jangan Tunggu Motivasi Datang: Melatih disiplin harus datang dari hati anda sendiri. Jangan tunggu digerakkan atau mendapat motivasi. Menunggu motivasi tidak akan membuat diri anda bisa lebih disiplin. Disiplin adalah tetap melakukan kegiatan meski anda tidak menyukainya. Anda akan dilatih untuk mengubah sikap positif menjadi sebuah kebiasaan.

Tahan Godaan: Saat anda mulai melatih kedisiplinan, godaan pasti akan datang tak tertahan. Di sinilah akan terlihat sekuat apa niat anda untuk bisa menjadi sosok yang disiplin. Sebagai awal, jauhkan semua hal yang bisa menjadi godaan saat melatih kedisiplinan.  Sebagai contoh, jauhkan telepon seluler dari jangkauan dan pendengaran saat anda bekerja. Matikan televisi atau apapun yang bisa mengganggu fokus anda terhadap pekerjaan.  Jauhkan keinginan anda untuk memainkan ponsel atau remote TV.
Mulailah dari Hal Kecil: Sesuatu yang besar pasti dimulai dari hal kecil. Kedisiplinan bukan sesuatu yang bisa didapat secara instan. Tidak bisa tercipta hanya dalam waktu satu malam, seperti permintaan Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi. Maka itu, untuk bisa meningkatkan disiplin diri harus dimulai dari hal sederhana. Seperti disiplin dalam membuang sampah atau datang tepat waktu ke tempat bekerja. Kedisiplinan anda pasti akan meningkat secara otomatis ketika anda sering melatihnya. Lakukan dalam banyak aspek di kehidupan anda sehingga bisa mendapatkan masa depan yang bahagia.
Tetapkan Rutinitas Harian: Cara melatih disiplin bisa dimulai dengan menetapkan rutinitas harian. Misalkan saja, anda menargetkan setiap hari akan bangun setiap pukul 4 pagi. Setelah ditetapkan, lakukan upaya maksimal untuk bisa mewujudkannya. Jadikan target tersebut sebagai sebuah kebiasaan kunci. 
Makan Teratur dan Bergizi: Anda tidak akan pernah bisa melatih disiplin jika anda tidak sendiri tidak pernah berada dalam kondisi sehat. Melatih disiplin bisa juga dimulai dengan makan secara teratur. Jangan makan dalam waktu yang berdekatan atau terlalu lama. Usahakan asupan makanan anda selalu terjaga kandungan nutrisinya. Makan makanan bergizi akan membantu anda meningkatkan konsentrasi dan daya ingat  yang berdampak pada pendisiplinan diri.
Fokus pada Target Jangka Panjang: Anda harus punya target dalam hidup yang anda jalani. Baik target jangka pendek maupun jangka panjang. Nah, salah satu cara dalam meningkatkan disiplin diri adalah dengan fokus kepada target jangka panjang. Kenapa target jangka panjang? Karena target jangka panjang adalah sasaran yang tidak akan bisa anda raih dalam waktu dekat. Sehingga anda pun terpacu menjaga motivasi untuk bisa mencapainya. Dan salah satu cara mencapainya adalah dengan melatih kedisiplinan. Lama kelamaan rutinitas ini pasti akan Anda rasakan sebagai sebuah hal yang ringan dilakukan.
Jangan Mencari-Cari Alasan: Meningkatkan disiplin diri jelas bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Dengan kondisi seperti ini anda akan cenderung mudah untuk mencari-cari alasan. Terutama alasan untuk tidak disiplin. Untuk menghindari anda dari upaya mencari alasan, mulailah dengan jujur terhadap diri sendiri. Lihat, layakkah anda berada di level kehidupan saat ini atau justru tidak layak. Jika belum, artinya tidak ada alasan untuk berhenti melatih disiplin.
Segera Move On: Meningkatkan disiplin diri jelas bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Dengan kondisi seperti ini anda akan cenderung mudah untuk mencari-cari alasan. Untuk menghindari anda dari upaya mencari alasan, mulailah dengan jujur terhadap diri sendiri. Lihat, layakkah anda berada di level kehidupan saat ini atau justru tidak layak. Jika belum, artinya tidak ada alasan untuk berhenti melatih disiplin.
Buat Tenggat: Harapan dan tenggat yang dimunculkan pihak lain biasanya akan meningkatkan kinerja anda. Jika tidak ada yang memberi tenggat, coba ciptakan sendiri tenggat pribadi. Caranya, jika anda punya rencana untuk menyelesaikan satu proyek selama satu pekan, informasikan hal ini kepada teman atau kerabat terdekat anda. Mintalah kepada mereka untuk mengingatkan anda mengenai tenggat yang ditetapkan beberapa hari sebelumnya. Saat mereka mengingatkan, anda akan lebih terpacu lagi untuk menyelesaikan proyek tersebut sebelum waktunya.
Tepis Hal-Hal Negatif: Saat anda melakukan sebuah upaya dan rencana, akan ada orang atau pihak lain yang menganggap sepele. Mereka akan menyebut anda tidak akan mampu mewujudkan rencana tersebut. Bahkan mengatakan semua upaya yang anda lakukan mustahil memberi hasil. Yang harus anda lakukan ketika menemui kondisi seperti itu adalah dengan mengabaikan dan meninggalkannya. Menanggapinya hanya akan membuat anda menjadi lemah. Dan, justru akan membuat pandangan mereka menjadi terbukti. Karena itu, tepis dan buang jauh-jauh jika anda menerima komentar seperti itu. Jadikan pandangan negatif tersebut sebagai tambahan motivasi untuk membuktikan bahwa pendapat mereka itu salah.

Itulah tips meningkatkan kedisiplinan yang sudah kami paparkan. Mungkin di antara sobat putsaka ada yang mau mencoba? Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang ingin meningkatkan disiplin diri ya. See you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib